Senin, 16 Oktober 2017

Mesin Pengganti Tenaga Manusia




         Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menjadi sebuah tantangan bagi Indonesia dalam menghadapi persaingan ketat di dunia global. Peningkatan kualitas sumber daya manusia, khususnya generasi muda sebagai generasi pelopor dan penerus bangsa Indonesia adalah salah satu faktor kunci utama dalam perkembangan teknologi di Indonesia. Selain itu, dibutuhkan sebuah inovasi dalam perkembangan teknologi, karena dengan teknologi yang inovatif dapat mengasilkan pemecahan masalah yang lebih besar di setiap aspek-aspek kehidupan manusia. 
          
      Salah satu contoh teknologi inovatif yaitu terdapat dalam sebuah teknologi yang memanfaatkan Artificial Intellegent. Artificial Intellegent merupakan suatu teknologi yang memanfaatkan kecerdasan buatan atau kecerdasan seperti layaknya manusia pada sebuah mesin. Akhir-akhir ini, pembuatan mesin lebih cerdas atau sama cerdasnya seperti manusia sangat diminati oleh generasi muda di dunia global, salah satunya di Indonesia. Banyaknya orang yang bertanya mengenai cara agar dapat membuat mesin lebih cerdas atau sama cerdasnya seperti manusia, menumbuhkan rasa ingin tahu banyak orang yang menimbulkan suatu penelitian yang menghasilkan sebuah karya yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. 
         
        Sebagai contoh, dapat kita ambil dari salah satu pembuatan mesin cerdas oleh anak bangsa yang berupa robot yang diberi nama “Robot Pramusaji Cerdas”. Robot ini berfungsi untuk membantu manusia dalam mengerjakan tugas sebagai pelayan restaurant. Robot juga dapat mengurangi kesalahan-kesalahan kerja yang sering dilakukan manusia (human error) pada saat melayani pelanggannya. Robot ini berbasis sistem robot line follower yang akan mengikuti jalur yang ditentukan menuju meja-meja pelanggan yang memesan makanan. Robot ini juga dilengkapi dengan nampan untuk meletakkan makanan yang dipesan di meja pelanggan. Robot juga mampu untuk mengeluarkan suara melalui modul suara pada saat tertentu agar robot bisa berinteraksi dengan konsumen dan lebih humanis. 

      Pada pembuatan mesin cerdas diperlukan juga suatu metode yang dapat mengimplementasikan mesin tersebut. Pada contoh “Robot Pramusaji Cerdas”, robot tersebut memiliki metode-metode dalam pembuatannya diantara lain Metode Studi Literatur dan Observasi Mitra, Metode Tahap Perancangan dan Pembuatan Sistem, dan Metode Evaluasi Sistem dan Penyempurnaan. Hasil yang diperoleh berupa robot pramusaji dengan dimensi 60 x 60 x 80 cm dari bahan alumunium, memiliki 4 buah motor dc, 4 buah omni wheel untuk gerak 2 axis, dan nampan saji yang dapat bergerak. Robot dilengkapi dengan beberapa sistem seperti sistem minimum atmega128, sensor garis, sensor jarak, LCD, tombol, modul suara dan xbee pro. Robot mampu bergerak maju, mundur, samping kanan, samping kiri, dan menggerakkan nampan. 

     Dari penjelasan mengenai “Robot Pramusaji Cerdas” dapat diambil kesimpulan, bahwa kita mampu membuat mesin yang lebih cerdas atau sama cerdasnya seperti manusia. Dengan menggunakan berbagai metode agar dapat mengimplementasikan robot tersebut nantinya. Namun, kedepannya jika mesin akan jauh lebih cerdas dari manusia kita tidak tahu apa yang terjadi nantinya pada mesin tersebut, akankah membawa dampak yang positif untuk kesejahteraan manusia atau akan membawa dampak negatif untuk kehancuran manusia. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar