Minggu, 13 November 2016

Inovasi Tren Teknologi Masa Depan

Apabila kita berbicara tentang teknologi maka yang terbersit di pikiran kita adalah hal-hal yang sangat canggih yang berhubungan dengan mesin, robot dan kecepatan. Seperti beberapa teknologi masa depan berikut ini :


Tampilan Holografis

Tampilan holografis saat ini semakin dekat dengan realisasi. Satu perusahaan di California yang bernama Ostendo sedang mengembangkan sebuah chipset yang dapat memroyeksikan video di sebuah bidang diagonal sebesar 48 inci. Jika digabungkan, proyektor-proyektor ini dapat membuat gambar yang lebih kompleks. Bahkan, keyboard proyeksi sudah direalisasikan.

HP sedang mengembangkan interface 3D untuk smartphone, dan ada rumor bahwa iPhone generasi selanjutnya mempunyai fitur interface holografis - 3 dimensi ataupun 2 dimensi.

Sebuah perusahaan di China bernama Takee bahkan sudah meluncurkan smartphone yang bisa menampilkan gambar 3D dengan cara mendeteksi pergerakan mata penggunanya. Smartphone ini bahkan bisa merespon pergerakan jari, sehingga pengguna dapat menggunakannya tanpa harus menyentuh layar. Bayangkan saja bagaimana teknologi ini dapat berkembang 5 tahun ke depan.



Teknologi 4K

Tidak hanya TV, broadcast, streaming media, dan bioskop akan mengadopsi standar 4K (Ultra High Definition) di 2020, atau paling tidak menurut survey yang baru-baru ini dilakukan oleh operator satelit Intelsat, hampir 2/3 responden berpendapat bahwa 4K akan menjadi umum dalam 5 tahun.

Saat ini, cukup sulit untuk menemukan konten yang mempunyai resolusi 4K untuk ditampilkan pada display 4K. Itu karena pembuat hardware dan software sedang menyiapkan standar proteksi konten dari pembajakan. Ini akan berakibat pada mahalnya harga di pasaran. Tapi, seiring dengan semakin umumnya teknologi tersebut, harganya akan menurun.

 

Virtual Reality

Virtual reality adalah salah satu teknologi yang sudah lama diimpikan oleh para pencinta teknologi, jika ditelusuri mulai dari tahun 1980. Tapi sekarang, virtual reality mulai menjadi kenyataan.

Nama terbesar di bidang virtual reality ada Oculus, yang sudah merencanakan untuk meluncurkan headset ikoniknya, Rift di tahun depan. Tapi ada juga beberapa nama lain yang mulai mengembangkan konsep ini, mulai dari perusahaan kecil seperti Avegant, hingga perusahaan besar seperti Sony.

Kendala terbesar dari pengembangan teknologi ini adalah kecepatan yang dibutuhkan alatnya untuk menciptakan gambar yang sesuai dengan gerakan pengguna. Tapi, pengembang virtual reality sedang mengembangkan cara untuk mengatasi hal ini.

Virtual reality bukan hanya untuk game. Petugas medis bisa menggunakannya untuk pendidikan ataupun persiapan operasi. Arsitek dapat menggunakannya untuk menciptakan proyek dalam tampilan 3D yang impresif. Pertemuan bisnis dan proses pengajaran dapat dilakukan tanpa harus bertemu satu sama lain.


Itulah beberapa inovasi teknologi di masa depan yang mungkin akan terjadi, semua itu akan ada dampak positif dan negatifnya. Itu semua tergantung dari diri kita bagaimana cara kita memanfaatkan teknologi tersebut. Yang perlu diingat, semua inovasi tersebut datang dari kreatifitas seorang manusia. Dan sebagai manusia di era zaman modern ini kita harus siap menerima adanya perubahan dan perkembangan yang lebih maju.


Sumber :
http://teknologimasadepan-blog.blogspot.co.id/2015/06/5-teknologi-masa-depan-yang-menjadi.html



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar